WASPADA!! Modus Baru Pembobolan di Mesin ATM


Lenscope - Seperti tidak ada habisnya ya para pelaku kejahatan untuk terus melakukan trik-trik baru untuk melancarkan aksi kejahatannya, kreatif sih.. tapi sayangnya menyimpang dan merugikan, terutama para pelaku-pelaku kejahatan yang mengincar tempat-tempat seperti mesin ATM untuk melancarkan aksinya. Hati-hati Scopers! karena telah ditemukan modus atau trik-trik baru para pelaku kejahatan dalam upaya membobol kartu ATM para nasabah bank.

Salah satu korban bernama Andrian pernah mengalami kejadian dengan modus seperti ini. Saat itu korban sedang ingin mengambil uang di ATM Bank BNI SPBU Mangun Jaya, Tambun, Bekasi.
ATM BNI Mangun Jaya, Bekasi
Seperti biasa ia memasukkan kartu ATM miliknya kedalam mesin dan melakukan transaksi seperti biasa. Setelah selesai melakukan transaksi biasanya kartu ATM itu langsung keluar, namun apa yang terjadi pada Andrian ternyata kartunya malah nyangkut dan tertahan didalam. Korban pun mulai panik, kemudian korban pun melihat keanehan lain pada mesin ATM itu. Pada mesin ATM itu tertempel stiker yang bertuliskan "LAYANAN 24 JAM. Jika kartu anda tertelan, rusak, hilang segera hubungi Call center (021) 9380 0046". 
Stiker Palsu
Ternyata stiker tersebut adalah stiker sang pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya, namun untungnya korban peka, itu adalah modus sang pelaku untuk membobol kartu ATM nya. Sang korban pun mencoba mencongkel kartu ATM miliknya yang tersangkut dengan menggunakan kunci motor, ternyata apa yang didapat? ia menemukan seperti plastik yang tertempel menggunakan lem besi di lubang tempat memasukkan kartu ATM tersebut.



Kemudian si korban mencoba untuk tidak panik dan segera menelpon nomor Call Center BNI resmi  (1500046) namun pada saat itu tidak ada yang mengangkat, dan ia berfikir mungkin karna saat itu adalah hari libur. Kemudian korban mencoba melapor kepada security namun sialnya saat itu petugas sedang tidak ada di tempat. Lalu si korban berinisiatif untuk menggunakan fitur SMS Banking miliknya untuk segera melakukan pergantian nomor PIN untuk jaga-jaga dari hal-hal yang tidak dinginkan.

Dengan adanya kejadian seperti ini tentunya kita harus selalu waspada ya scopers.

Nah, hal yang terpenting apabila scopers mengalami hal-hal seperti ini adalah untuk tidak terlalu panik dengan situasi atau kejadian yang terjadi ya.. INGAT! selalu simpan nomor-nomor penting pada gadget anda seperti nomor BNI Call Center resmi untuk menghindari dari stiker palsu yang tertempel pada mesin ATM. Cobalah untuk menghubungi BNI Call Center resmi dan segeralah meminta untuk segera memblokir nomor rekening anda atau apabila ditempat mesin ATM tempat anda menarik uang terdapat seorang security/penjaga segeralah meminta bantuan pada security untuk menghindari modus pembobolan mesin ATM. Dan upaya untuk meminimalisir modus kejahatan seperti ini adalah dengan menghindari tempat-tempat mesin ATM yang tidak dijaga oleh security/satpam dan juga hindari melakukan transaksi di mesin ATM diatas jam 9 malam, kecuali anda melakukan transaksi di ATM yang terdapat penjagaan.

Silahkan bagikan artikel penting ini ya scopers, agar orang-orang terdekat dan yang lain dapat terhindar dari kejadian seperti ini dan agar selalu waspada.

Editor : Twick

Related Post

Previous
Next Post »

Berkomentarlah sesuka anda, namun tetap ada batasan norma dan etika sebagai manusia yang berpendidikan. Terima kasih